Jenis dan Model Paper Cup

sablon gelas, cetak plastik malang

Secara awam banyak orang yang tidak tahu atau tidak menyadari kalau sebenarnya paper cup memiliki beberapa jenis dan model, dimana tiap-tiap jenis dan model mempunyai kegunaan khusus. Padahal dengan jenis atau model yang memiliki kegunaan khusus ini pengguna paper cup dalam hal ini konsumen dari bisnis kuliner anda akan merasa lebih nyaman pada saat menikmati makanan dan minuman yang disajikan dalam paper cup tersebut. Untuk itu pebisnis kuliner sebaiknya mencermati serta memilih paper cup yang tepat untuk memberikan nilai tambah terhadap produk makanan dan minuman yang ditawarkan ke konsumen.

Secara garis besar ada dua jenis paper cup tergantung dari temperatur makanan atau minuman yang
disajikan yaitu:
1. Hot cup untuk makanan dan minuman panas
Hot cup memiliki lapisan PE (poylethylene) di bagian dalam cup yang berfungsi sebagai lapisan anti air (waterproofing). Lapisan inilah yang menyebabkan paper cup yang terbuat dari bahan kertas bisa menampung cairan di dalamnya tanpa cairan itu merembes ke bahan kertas dari cup tersebut.

2. Cold cup untuk makanan dan minuman dingin
Dingin yang dimaksud di sini adalah berada jauh di bawah suhu ruangan, sehingga bisa muncul embun di sisi luar cup pada saat disajikan. Untuk itu cold cup memiliki lapisan PE tidak hanya di bagian dalam saja tapi juga di sisi luar cup. Hal ini ditujukan untuk mencegah agar embun yang muncul tidak merembes ke bahan kertas dan melembekkan konstruksi cup dari sisi luar sehingga cup mudah rusak atau hancur.

Pemilihan paper cup yang tepat berdasarkan temperatur makanan atau minuman ini sangat krusial
karena jika salah memilih bisa-bisa cup hancur pada saat berada di tangan konsumen.

Setelah tahu apakah harus memilih hot cup atau cold cup, selanjutnya anda bisa memilih model cup yang sesuai dengan bentuk makanan atau minuman. Ada juga model cup yang memberi tingkat kenyamanan lebih kepada konsumen saat digunakan dan memberi kemudahan bagi pelaku bisnis untuk melakukan branding. Berikut ini model-model paper yang bisa anda pilih:

1. Single wall
Paper cup berdinding tunggal, bisa hot cup ataupun cold cup tergantung keberadaan lapisan PE-nya. Bentuknya tinggi menjulang, dimana diameter cup lebih kecil dibandingkan tinggi cup-nya. Cocok untuk minuman panas seperti kopi dan minuman dingin seperti juice buah.

2. Single wall dengan handle
Paper cup berdinding tunggal dengan handle atau gagang di sisi luarnya. Gagang ini untuk memudahkan konsumen saat memegang cup yang berisi minuman panas. Cocok untuk minuman panas karena biasanya hanya memiliki lapisan PE di bagian dalam cup saja.

3. Flat wrap
Paper cup dengan dinding ganda yaitu dinding pertama adalah paper cup-nya itu sendiri dan dinding kedua adalah kertas pelapis di bagian luarnya. Kertas pelapis ini dimaksudkan sebagai penahan panas agar konsumen lebih nyaman saat memegang cup berisi minuman panas. Cocok untuk menyajikan minuman panas tentunya.

4. W barrier
Paper cup berdinding ganda, yaitu dinding paper cup-nya sendiri dan dinding bagian luar berupa kertas pelapis penahan panas yang bertekstur gelombang. Dengan tekstur gelombang maka tingkat insulasi terhadap panas jauh lebih baik dibandingkan dengan flat wrap. Ada jarak antar puncak gelombang dengan dinding cup sehingga panas tidak akan langsung terasa di jari saat dipegang. Namun dari sisi branding flat wrap jauh lebih baik dibandingkan w barrier karena pada w barrier permukaannya yang bergelombang membuat merk atau grafis yang tercetak di atasnya tidak terlalu jelas terlihat.

5. 3 wall
Paper cup berdinding tiga lapis. Lapis pertama adalah dinding cup-nya, di tengahnya ada lapisan karton corrugated (gelombang) dan di lapis terluar kertas karton yang membungkus seluruh permukaan cup. Bisa dibilang menyerupai gabungan flat wrap dan w barrier. Tingkat insulasi panasnya jelas paling optimal diantara model lainnya dan permukaan luarnya yang rata membuat merk atau cetakan grafis di atasnya dapat terlihat dengan jelas. Namun dengan adanya penambahan dua dinding penahan panas tersebut membuat harga paper cup model ini jadi yang paling mahal.

6. Ice cream cup
Paper cup berdinding tunggal dengan lapisan PE di bagian dalam dan luar cup. Bentuknya pendek dan cenderung melebar karena diameter cup lebih besar daripada tingginya. Diameter yang besar dimaksudkan agar konsumen lebih mudah waktu menyendok isi cup. Sesuai namanya cup ini untuk makanan dingin yaitu es krim atau bisa juga untuk pudding.

7. Bowl
Paper cup berdinding tunggal dengan lapisan PE di bagian dalam. Bentuknya seperti ice cream cup hanya yaitu pendek dan melebar hanya saja ukurannya jauh lebih besar. Cocok untuk makanan panas seperti sup, chicken nugget, chicken wing atau pop corn. Ada juga produsen yang membuat bowl atau soup cup ini dengan diberi lapisan PE di permukaan luar cup sehingga bisa juga digunakan untuk menyajikan makanan yang dingin. Silahkan konsultasikan kepada kami jika anda memerlukan bowl dengan lapisan PE di permukaan luanya.

Sekarang anda dapat memilih paper cup yang sesuai untuk kebutuhan kuliner anda yang bisa memberikan nilai tambah pada produk makanan dan minuman yang dijual karena memberikan kenyamanan pada konsumen sewaktu mengkonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *