Paper Cup dan Alasan Untuk Tak Menggunakannya

sablon gelas, cetak plastik malang

Bagi Anda yang ingin membawa kopi ke mana-mana pasti sering kali menggunakan paper cup sebagai wadah. Karena memang benda satu ini paling bisa diandalkan saat kita sedang terburu-buru namun tetap ingin menyesap nikmatnya kopi. Paper cup selalu kita gunakan tanpa memikirkan dampak buruk yang dibawanya bersama kenikmatan kopi milik kita.

Walau ia hadir demi kepraktisan, namun benda daur ulang ini ternyata tidak terlalu ramah pada lingkungan karena ia merupakan benda sekali pakai. Bahkan karena dampak buruk yang ia berikan beberapa waktu lalu beberapa universitas di Amerika Serikat mengadakan kampanye bertajuk Kill the Cup, sebagai tindakan untuk tidak menggunakan paper cup saat menikmati kopi.

Selain tidak ramah lingkungan, ternyata paper cup juga memberikan efek lain yang tidak baik seperti di bawah ini.

Mengubah Rasa Kopi

Rasa kopi sebenarnya tidak benar-benar berubah, hanya saja bau yang ada pada paper cup yang biasanya terbuat dari kertas akan memberikan aroma kertas ke dalam kopi kita. Dan ironisnya, residu yang ada pada paper cup sedikit banyak akan larut pula ke dalam kopi.

Kurang Higienis

Dalam menyajikan kopi ke dalam wadah tentunya cangkir-cangkir dalam keadaan bersih karena setiap pemakaian pasti akan dicuci terlebih dahulu, hal ini tidak berlaku pada paper cup. Oleh karena itu, kebersihan dari paper cup sangat diragukan. Paper cup yang dibuat di dalam pabrik tidak terhindar dari paparan debu dan zat berbahaya lain maka dari itu sebiknya jangan gunakan paper cup jika Anda peduli pada kebersihan makanan dan minuman anda.

Bisa Menggunakan Tumbler yang Stylish

Solusi dari paper cup adalah menggunakan tumbler. Jadi, Anda punya alasan untuk menggunakan tumbler tiap hari. Agar tidak bosan maka Anda dapat mengkoleksi berbagai macam tumbler reusable yang stylish, dengan berbagai warna dan bentuk yang penting mampu menampung kopi milik anda.

Selain itu, kita menggunakan tumbler juga tidak akan membuat kita rugi bahkan lebih berhemat karena tak perlu membeli berulang kali persediaan paper cup untuk di rumah, dan juga banyak sekalis ekarang tumbler yang dijual dengan ebrbagai pilihan. Ada Goat story mug bagi Anda yang menyukai kegiatan jalan-jalan dan menginginkan minum kopi di mana saja. ada pula Keep Cup yang didesain dengan berbagai macam warna dan ukuran.

Tak Bisa Menikmati Espresso

Espresso bukanlah minuman yang bisa dinikmati secara take away, ia adalah minuman yang dinikmati di tempat, walaupun beberapa kedai kopi modern di Indonesia membiarkan espresso mereka bisa dinikmati secara take away namun bila espresso ditempatkan ke dalam papercup maka itu buknalah lagi espresso. Mengapa? Espresso sejatinya menggunakan wadah dari bahan kaca atau porcelain, baik crema maupun espresso yang ada di dalam wadah ini masih dalam keadaan murni tak terkontaminasi dengan zat-zat kimia lainnya dan cara menikmatinya juga diteguk dengan satu kali tegukan.

Sedangkan espresso yang ditempatkan dalam paper cup tentu saja akan menghilangkan crema dan membuat espresso menjadi terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya yang tertempel di bagian paper cup. Lagi pula, tak ada espresso yang dinikmati di jalanan, dia juga bukan minuman yang dinikmati pelan-pelan seperti cappucino.

Jadi, sudah tahu kenapa beberapa universitas di Amerika Serikat menolak paper cup? Lalu bagaimana dengan anda? Apakah akan masih menggunakan paper cup? Alternatif lain yang dapat membantu anda dalam membawa kopi kesukaan saat terburu-buru adalah tumbler anti panas. Walau ia bukan benda yang dapat anda buang saat sekali pakai dan sedikit membutuhkan tempat di tas anda, namun kopi yang dibawa akan tetap terjaga suhunya dan kualitasnya. Lebih asiknya lagi, tumbler jenis ini bisa anda gunakan berulang kali sehingga kita turut serta dalam pelestarian lingkungan karena tidak menambahi sampah dengan paper cup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *